Pages

Kamis, 25 Oktober 2012

Abu - Abu

Tak hitam
Tak juga putih
Tak datang
Tak juga pergi

Bukan nikmat
Bukan juga lara
Bukan bahagia
Bukan juga nestapa

Apakah jalan lurus?
Ataukah jalan berliku?
Apakah nyata?
Ataukah ilusi belaka?

Haruskah berhenti?
Atau haruskah berlari?
Haruskah bersembunyi?
Atau haruskah menampakkan diri?

Mungkin sebuah kesalahan
Atau mungkin sebuah kebenaran?
Mungkin sudah terlambat
Atau mungkin terlalu cepat?

Tidak tahu
Saru
Semu
Abu-abu

Minggu, 08 Juli 2012

Etalase Kenangan

Silahkan klik Toggle Playlist di bawah dan play lagu Sore - Etalase. Dan mari kita mulai bernyanyi. Atau menyimak juga boleh. Atau mau denger musiknya aja juga boleh. Atau mau baca liriknya dibawah ini juga boleh deh. Terlalu banyak 'atau' ya? Oke, here it is..

Semua kisah yang pernah lalui hidupmu
Semua cinta yang pernah
Engkau rasakan, dalam kisahmu
Pahit dan manismu,
Lalui…

Semua teman yang engkau sayang dan tinggalkan
Sengaja atau tidak, dirimu
Pernah lalui, cerita yang haru
Yang semua alami

Dan kita coba kenangi semua,
Walau t’lah tiada
Bagai etalase jendela…

Kau pernah kenal seorang yang sangat kau sayang
Kau pernah kenal seorang
Yang sangat kau benci, terasa perih
Hingga otakmu,
Meledak!

Semua sahabat yang pernah menghangatkan hidup
Satu persatu, menghilang…
Seiring waktu yang makin lama
Kian menua

Tapi kita coba kenangi semua,
Walau t’lah tiada
Bagai etalase jendela…

Kayak judulnya, Etalase, lagu ini kata aku sih memang memamerkan. Memamerkan kenangan. Katanya sih ya orang-orang yang berzodiak Cancer tuh saving everything as a memento. Aku pisan bener. Kenapa kenapa kenapa bisa nyimpen semuanya jadi kenang-kenangan atau kenangan? Gak tau pasti sih jawabannya kenapa. Menurut yang aku liat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kenangan dan kenang-kenangan itu:
ke.nang.an n 1 sesuatu yg membekas dl ingatan; kesan: ~ manis telah berlalu; banyak ~ indah saya alami selama saya melakukan widyawisata ke yogyakarta; 2 n kesan dl ingatan (pikiran); ingatan: ~ nya cukup tajam mengenai peristiwa itu
ke.nang-ke.nang.an n 1 sesuatu yg menjadi kenangan (tetap dl ingatan): peristiwa itu merupakan kenang-kenangan yg tidak akan terlupakan selama hidupku; 2 n sesuatu yg diberikan sbg tanda mata; cendera mata: cincin itu kuberikan sbg kenang-kenangan untukmu; 3 n sesuatu yg dimaksudkan agar dikenangkan; cita-cita: apakah kenang-kenangan mu setelah lulus dr sma ini?
--
Itu sebenernya di KBBInya sih kalimatnya widyawisata ke pulau bali, tapi berhubung aku belum pernah widyawisata ke pulau bali dan pernahnya ke yogyakarta ya jadi diganti deh biar sesuai hehehe. Semoga aku gak dimarahin atau dituntut ya Allah gara-gara ngubah kalimatnya, aamiin.
--

Tapi bener sih ya memang kalau liat foto-foto bareng temen-temen, sodara, keluarga pasti suka jadi flashback sama kejadian-kejadian yang dialamin saat itu. Flashback juga bisa terjadi pas lagi denger lagu yang punya kenangan khusus tentang lagu itu sendiri *heaaaa. Contohnya, setiap aku denger lagu Hip-Hip Hura nya Chrisye, jadi inget pas jaman-jamannya paduan suara kelas hahaha itu banyak banget kenangannya bareng @Sepatu7!

Pokoknya semua pasti bisa jadi kenang-kenangan. Mau itu kejadian yang baik ataupun yang buruk. Kejadian baik, manis buat diinget. Tapi, kejadian buruk gak selalu pahit. "Hal buruk, terkadang bisa jadi baik saat dikenang." Tulus said. Dan kata Poyan, di Perahu Kertas nya Dee, "Kenangan itu cuma hantu di sudut pikir". Walaupun susah buat dilupain, kita jangan terlalu larut dalam kenangan. "Selama kita cuma diam dan gak berbuat apa-apa, selamanya dia tetap jadi hantu. Gak akan pernah jadi apa-apa".



Salam,
dari yang sering 'saving everything as memento'.

Sabtu, 31 Maret 2012

Antara Kebutuhan dan Keinginan

Sebenarnya agak sulit membedakan antara kebutuhan dan keinginan, karena keduanya diperlukan oleh kita. Menurut para penulis, kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi oleh kita untuk mempertahankan keberadaan kita di bumi ini. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang tampaknya dibutuhkan tetapi sebenarnya tidak diperlukan. Kebutuhan itu terbatas sedangkan keinginan itu tidak terbatas.

Kita selalu bingung membedakan mana yang kebutuhan, dan mana yang keinginan. Terkadang kita tertukar untuk membedakan keduanya. Menurut saya yang harus diprioritaskan adalah kebutuhan, dan keinginan mungkin bisa kita laksanakan setelah kita mendapatkan apa yang kita butuhkan.

Ketika harus mendahulukan atau memprioritaskan antara kebutuhan dan keinginan, kita selalu bingung untuk memutuskannya. Saya sendiri pernah mengalami hal seperti ini. Sebagai contoh, saya selalu ingin pergi ke event-event musik, menonton sebuah film, membeli buku, kaset/cd musik, atau pengen ini lah dan pengen itu lah. Awalnya saya sangat menginginkan itu semua, bahkan rela membongkar isi celengan untuk melakukannya (sebenarnya saya tidak memiliki celengan).

Kadang setelah saya mendapatkan sesuatu yang diinginkan itu, saya baru menyadari saya tidak terlalu membutuhkannya. Pasti pada pernah mengalami kan kejadian kayak gitu. Dan kalian pasti tau rasanya gimana. Kayak yang dibilang Bang Chris nih...



When you get what you want but not what you need, stuck in reverse..

*Ayo tebak itu lagu apa cobaaaaa <-- sok asik

--

"Sekali lagi bedakan antara KEBUTUHAN dan KEINGINAN. God will provide. And do NOT confuse Passion with 'pengen'."

Kata-kata tersebut saya kutip dari twitter milik @ReneCC.


Kita tidak perlu menyesal dengan pilihan kita, jadikanlah itu sebagai sebuah pengalaman.
Yang kau inginkan tak selalu yang kau butuhkan, mungkin memang yang paling penting, cobalah untuk membuka mata, hati, telinga..
*Ayo tebak ini lagu apa juga cobaaaa?


--
Ditulis pada Minggu, 20 Juni 2010. Sebelumnya pernah dipublikasikan di blog lama yang telah dihapus. Kini dipublikasikan kembali dengan beberapa perubahan.
Sekian.

Jumat, 30 Maret 2012

Ya begitulah


Sebelum ada judulnya, saya masih bingung harus dikasih judul apa. Ya, saya memang tidak terlalu pandai membuat judul atau caption dan sebagainya. Ya, saya memang begitu. Ya terus? Ya begitulah~
--
Terima kasih telah menyisihkan waktu anda untuk membaca barisan kalimat yang (kurang) penting di atas.
--

Setiap abis baca buku, cerita, novel, komik, dsb atau abis nonton film dan baca lirik lagu biasanya suka ada perenungan *sok amat ya pake perenungan segala*. Memang itu gunanya semua hal itu diciptakan. Buku, film, lagu dibuat memang pasti selalu ada maksudnya. Seperti kita yang diciptakan Tuhan, tentu saja ada maksud dan tujuannya.

--
Hari ini, tadi jam setengah 8 maleman saya abis selesai baca Supernova: Akar-nya Dee. Silahkan liat rating-rating di internet tentang buku tersebut. Rating saya untuk buku tersebut sama dengan yang lainnya. Dan buat yang penarasan silahkan baca resensinya. Atau bahkan langsung pergi ke toko buku dan membelinya *kayak promosi ya?

Saya tau novel Akar ini sebenernya udah dari lama. FYI, Supernova ini adalah novel seri. Seri yang pertamanya 'Supernova: Ksatria, Putri & Bintang Jatuh', 'Supernova: Akar' yang kedua, 'Supernova: Petir' yang ketiga, dan yang bakal terbit sebentar lagi 'Supernova: Partikel'. Sebelumnya saya udah baca seri KPBJ pas kelas 9 dan langsung kecanduan ingin baca yang selanjutnya. Baru kesampean sekarang deh nih baca Akar ini. Ini juga minjem dari temen sih hehehe.

Ada satu halaman di Akar ini yang bikin ketawa, senyum miris, dan jengkel. Halaman ini halaman paling terakhir. -Eh bentar, ini halaman terakhir di Akar cetakan I: November 2002. Saya gak tau kalau ini bakal ada di halaman terakhir cetakan-cetakan Akar yang lain. Yang pasti ini sad but true.

Tulisannya begini:


TAHUKAH ANDA…?

DO YOU KNOW…?
NYAHO TEU…?
DIBOTO HO DO…?

PEMINJAM BUKU LEBIH KEJAM DARI...
PEMBAJAKAN

Survei membuktikan, seorang pemilik buku di Indonesia rata-rata meminjamkan bukunya ke empat orang. Apabila satu judul buku dicetak 1000 kopi, maka akan ada 4000 peminjam buku dan angka ini bisa jadi lebih besar serta lebih cepat daripada kemampuan pembajak yang setidaknya masih membutuhkan modal untuk beli bahan baku, biaya cetak, dan sebagainya. Ini berarti:



PEMINJAM BUKU BAJAKAN LEBIH KEJAM LAGI



Karena merekalah yang paling tidak ngemodal, alias ‘bondo nekat (bonek). Namun, di atas segalanya, tidak ada yang lebih kejam dari:



PEMINJAM BUKU YANG TIDAK MENGEMBALIKAN



Apabila kita ingin memajukan perindustrian buku Indonesia, termasuk meningkatkan apresiasi kita terhadap karya tulis anak bangsa, marilah kita coba untuk mulai membeli dan tidak meminjam. Berhenti membajak, terlebih lagi meminjam buku bajakan.


Bagi Anda yang lantas beralasan: ‘kalau gitu, harga bukunya jangan mahal-mahal, dong!’, silakan layangkan komplain Anda ke toko-toko buku, distributor, perusahaan, kertas, percetakan, sampai pemerintah yang menentukan harga B B M , karena kenyataannya harga buku bergantung pada banyak variabel. Jadi, daripada sibuk protes, lebih baik menyisihkan 1000 perak/hari. Dalam kurang lebih satu bulan, Anda dapat menikmati informasi dan otentisitas buku tanpa harus mengandalkan orang lain. Cukup dengan menghemat 4 sms per hari, satu minuman botol, satu menit pulsa hp. Semakin besar uang yang Anda sisihkan, makin cepat pula Anda memiliki buku yang diinginkan.

MARI MENABUNG UNTUK MEMBELI BUKU!
--

Ya begitulah isi halamannya. Saya selaku 'peminjam buku' merasa cukup tersindir. Huahahahaha tapi memang bener sih ya. Tapi da mau gimana lagi, sebagai seorang pelajar saya gak punya uang banyak. Mau nabung juga susah <-- curhat. Oke. Buat semuanya biar jelas, pembelaan saya cuma satu, YANG PENTING BACA BUKUNYA! Coba tanya mba Dee penulisnya, pasti seneng banget kan kalau bukunya dibaca? Yang penting ada yang baca, ya nggak mba Dee? :P

Terlepas dari urusan peminjam buku dan pembajakan tersebut, ada hal yang paling penting. Makna dari buku tersebut. Hikmah dari buku tersebut. Perubahan dari seseorang setelah membaca buku tersebut. Bener kan itu yang diinginan para penulis selain dari tujuan komersialnya? Ya, semua pasti ada maksudnya.

Akar ini lebih ngebuka pikiran saya, nambah pengetahuan saya, dan ngebuat saya pengen cepet-cepet baca Petir dan Partikel. Banyak hal yang bisa dipelajari. Banyak hal, yang saya gak bisa sebut satu-satu tentang buku ini, yang ngebuat saya gak akan berhenti buat bertanya dan mencari jawaban.

Hidup adalah perjalanan. Perjalanan mencapai tujuan. Tujuan untuk hidup.


Ciao!

Sabtu, 11 Februari 2012

Tulus.

Liat dari judulnya sih pasti pada nyangka saya mau nulis serius tentang 'Tulus'. Sebenernya sih saya mau nulis tentang 'Tulus', penyanyi Indonesia yang lagi naik daun :))


---

Markilai~ (Mari kita mulai). Jadi Sabtu kemarin saya ke ITB Fair bareng Febi sama Natasha (temen smp), dan kita nonton Tulus perform! Excited banget pas nonton soalnya pertama kalinya saya nonton Tulus live! Suaranyalah......... Aaaaaaaa bikin leeh! *lebay :p Beneran gak boong suaranya Tulus itu keren banget!!

Sebenernya udah suka Tulus dari taun lalu. Pertama kali denger suaranya itu di lagu Oh I Never Know -nya Sarasvatī, dia duet sama Risa Saraswati, mantan vokalis Homogenic. Dan akhirnya Tulus ngeluarin albumnya sendiri sekitar 3 bulan yang lalu. Genre musik Tulus itu pop jazz gitu. Albumnya dikasih judul 'TULUS'.

Lagu-lagu di album Tulus....

Rabu, 08 Februari 2012

Ekspresi



Ekspresi wajah atau mimik adalah hasil dari satu atau lebih gerakan atau posisi otot pada wajah. Ekspresi wajah merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal, dan dapat menyampaikan keadaan emosi dari seseorang kepada orang yang mengamatinya. Ekspresi wajah merupakan salah satu cara penting dalam menyampaikan pesan sosial dalam kehidupan manusia, namun juga terjadi pada mamalia lain dan beberapa spesies hewan lainnya. [ini kata wikipedia loh ya :))]
Ekpresi itu bisa muncul secara sengaja, tapi kebanyakan ekspresi muncul secara tidak sengaja akibat perasaan atau emosi yang terjadi.

Diatas cuma basa-basi doang sih ya =)) Sebenernya mau ngeshare foto yang tadi saya jepret. Sesi jeprat-jepret ini terinspirasi dari foto Joseph Gordon Levitt di tumblr. Terus saya ajak deh beberapa temen di kelas buat jadi modelnya *ceilah. Dan akhirnya Letmi, Shofa, sama Rizki deh yang mau :D

Ini dia hasil jepretannya...



Letmi mukanya fleksibel =))



Rizki bodor-bodor nih ekspresinya =))



Shofa bodor juga =))



Let's express yourself up! :-D

Sabtu, 04 Februari 2012

Bonjour!

Halo halo halo!

Yeha, ini postingan pertama. Sebenernya udah dari tahun 2007 daftar jadi blogger. Dan itu terpaksa gara-gara buat tugas bahasa inggris di kelas 7. Dan akhirnya karena keterpaksaan itulah keberadaan blog ini kurang berguna. Sekitar 1 tahun yang lalu sempet ngaktifin lagi blog ini, tapi karena ga terlalu diurusin, dihapus deh blognya :p
Oke, dan sekarang diaktifin lagi! *plin plan ya~ Diaktifin lagi buat tugas juga sih hehe. Sekarang, semoga blog ini berguna deh yah. Aamiin!

--

Ini bukan pagi hari disini ataupun di Perancis, kata bonjour berasal. Tapi ini malam hari, bahkan hampir tengah malam.
Selamat pagi semua! Selamat pagi bagi yang baru memulai hari untuk menulis blog.


Selamat pagi! Bonjour!